Wonderfulkota.com - Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) bersama Korp Pelajar Putri (KPP) Kecamatan Kota Kudus menggelar Pelatihan Penanganan Pertama Gawat Darurat (PPGD) yang terlaksana di Gedung MWC NU Kota pada Ahad (28/7).

Kegiatan yang dilatarbelakangi pentingnya mengetahui pertolongan pertama ini diikuti oleh Pimpinan Ranting (PR) maupun pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) se-Kecamatan Kota beserta masyarakat umum. 

Komandan DKAC KPP Kecamatan Kota, Nailis Syarifatul Khoiriyyah menerangkan bahwa kegiatan Pelatihan PPGD merupakan salah satu trobosan baru karena kegiatan seperti ini memang baru dilaksanakan pada periode kali ini. PPGD ini nantinya tidak hanya berguna menolong korban, tapi juga membantu meringankan pelayanan medis di tahap awal.

"Kegiatan ini menjadi salah satu dari 5 potensi dasar yang harus dimiliki oleh anggota CBP KPP. Oleh karena itu kita memilih salah satunya, yakni pertolongan pertama. " imbuhnya. 

Setelah pembukaan berlangsung, sesi pertama adalah pemaparan materi penanganan pertama ketika tidak sadarkan diri, sesak nafas, tersedak, kulit terbakar, pendarahan akibat tersayat, mimisan, serta teknik mengangkat korban yang disampaikan oleh Anggota CBP KPP Kecamatan Kota, M. Zakki Arifuddin bersama M. Khoirul 'Izza. Kemudian dilanjutkan praktik bersama peserta.

Ketua PAC IPPNU Kecamatan Kota, Indah Nur Safira sangat mengapresiasi kegiatan ini serta berharap peserta dapat menerapkan ilmu yang didapat pada kehidupan sehari-hari dan dapat dipertahankan pada periode selanjutnya.

"Pelatihan pertolongan pertama merupakan program yang luar biasa sekali. Kegiatan ini memberikan pengetahuan bagi kita semua terkait penanganan pada insiden yang tidak diinginkan.” pungkasnya.


Penulis: Zulfa Sakhiyya

Editor: Nabila Magdalena